Denyut Jantung Normal Per Menit

By | 09/01/2016

Denyut jantung normal per menit mungkin menjadi pertanyaan terbesar bagi setiap orang yang belum terpecahkan. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, kami akan memberikan jawaban pertanyaan tersebut melalui artikel yang kami rangkum seperti berikut ini.

Ketahui Denyut Jantung Normal Anda

denyut jantung normal per menitDenyut jantung adalah berapa kali jantung seseorang berdetak per menit. Denyut jantung pada setiap orang mungkin akan berbeda-beda yang dipengaruhi beberapa faktor. Sebuah denyut jantung yang normal tergantung pada individu, usia, ukuran tubuh, kondisi jantung, apakah orang tersebut duduk atau bergerak, penggunaan obat dan bahkan suhu udara. Bahkan emosi juga dapat berdampak pada denyut jantung. Misalnya, semakin bersemangat atau takut dapat meningkatkan denyut jantung.

“Jantung Anda adalah otot dan seperti memperkuat otot-otot lain dengan melakukan kegiatan, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan jantung Anda” kata Dr Mary Ann Bauman, seorang internis di Integris Baptist Medical Center di Oklahoma City. Pengetahuan tentang detak jantung Anda dapat membantu Anda memonitor tingkat kebugaran Anda, dan dapat membantu Anda melihat perkembangan masalah kesehatan jika Anda mengalami gejala-gejala lain.

Bagaimana cara mengukur denyut jantung

Tempat yang paling mudah untuk mengukur detak jantung Anda adalah pada pergelangan tangan atau salah satu sisi leher. Untuk pembacaan yang akurat, tempatkan dua jari di satu bidang ini dan hitunglah jumlah denyut dalam 60 detik. Anda juga dapat melakukan ini selama 20 detik dan kalikan dengan tiga, yang mungkin lebih mudah, kata Dr Marry Ann Bauman. Menggunakan ibu jari mungkin membingungkan karena kadang-kadang Anda bisa merasakan denyut nadi di ibu jari, katanya.

Denyut jantung istirahat

Denyut Jantung Normal Per Menit,- Denyut jantung istirahat Anda adalah denyut nadi Anda ketika Anda tenang duduk atau berbaring. Hal terbaik untuk mengukur denyut jantung istirahat Anda di pagi hari sebelum Anda keluar dari tempat tidur, menurut American Heart Association ( AHA ). Untuk orang dewasa 18 tahun dan yang lebih tua, tingkat jantung istirahat yang normal adalah antara 60 dan 100 denyut per menit ( dpm ), tergantung pada kondisi fisik seseorang dan usia. Untuk anak-anak usia 6 sampai 15, denyut jantung istirahat yang normal adalah antara 70 dan 100 dpm, menurut AHA.

Tapi detak jantung yang lebih rendah dari 60 tidak berarti Anda memiliki masalah medis. Orang yang aktif sering memiliki detak jantung yang lebih rendah karena otot-otot jantung mereka tidak perlu bekerja keras untuk mempertahankan irama jantung. Atlet dan orang-orang yang beraktifitas berat dapat memiliki tingkat panas istirahat dari 40 dpm. Sebuah denyut jantung lebih rendah dari 60 juga bisa menjadi hasil dari minum obat tertentu. “Banyak orang mengambil obat terutama obat untuk tekanan darah, seperti beta blockers, akan menurunkan detak jantung Anda” kata Bauman.

Jika ditambah dengan gejala, denyut jantung yang rendah dapat berarti sinyal masalah. “Sebuah denyut jantung rendah seseorang yang mengalami pusing dan kepala ringan mungkin menunjukkan bahwa mereka memiliki kelainan yang perlu ditangani dengan cukup serius” kata Bauman.

Denyut jantung maksimal dan sasaran

Denyut Jantung Normal Per Menit,- Tidak ada saran medis definitif tentang ketika denyut jantung istirahat terlalu tinggi, tetapi kebanyakan ahli medis setuju bahwa denyut jantung konsisten di tingkat atas dapat menempatkan terlalu banyak tekanan pada jantung dan organ lainnya. Jika seseorang memiliki denyut jantung yang tinggi saat istirahat dan mengalami gejala lain, dokter dapat memeriksa fungsi jantungnya, kata Bauman.

Zona target denyut jantung seseorang adalah antara 50 persen dan 85 persen dari denyut jantung maksimum nya, menurut AHA. Paling umum, detak jantung maksimum adalah menghitung dengan mengurangi usia Anda dari 220:

  • 220 – Umur. Untuk orang 30 tahun, misalnya: 220-30 = 190.

Zona target untuk orang yang berusia 30 tahun akan menjadi antara 50 dan 85 persen dari denyut jantung maksimal nya:

  • Level 50 persen: 190 x 0,50 = 95 bpm
  • Tingkat 85 persen: 190 x 0,85 = 162 bpm

Rumus untuk detak jantung maksimum bekerja dengan baik untuk orang-orang di bawah 40 tahun tetapi untuk orang tua mungkin melebih-lebihkan denyut jantung maksimal mereka, kata Bauman. Bagi orang-orang yang lebih tua, formula yang lebih baik untuk denyut jantung maksimum adalah:

  • 208 – (0,75 x Umur)

Anda dapat secara manual menghitung detak jantung Anda selama latihan atau menggunakan monitor detak jantung yang membungkus di sekitar dada, atau dimasukkan dalam jam tangan olahraga. Namun, itu tidak berarti bahwa berolahraga tanpa mendapatkan denyut jantung hingga zona target tidak memiliki manfaat, kata Bauman. “Begitu banyak orang hanya tidak melakukan latihan yang saya khawatir kurang tentang mereka mencapai tingkat detak jantung mereka dan lebih banyak tentang mereka keluar dan menggerakkan tubuh mereka,” kata Bauman.

Menurunkan detak jantung yang terlalu cepat

Denyut Jantung Normal Per Menit,- Detak jantung dapat menjadi lebih cepat dari biasanya karena gugup, stres, dehidrasi dan kelelahan. Duduk dan menenangkan perasaan dan tubuh, juga mengambil napas dalam-dalam secara umum dapat menurunkan detak jantung Anda.

Kondisi yang mempengaruhi detak jantung

Sejumlah kondisi dapat mempengaruhi detak jantung Anda. Aritmia menyebabkan jantung berdetak terlalu cepat, terlalu lambat atau dengan irama yang tidak teratur. Takikardia umumnya dianggap sebagai denyut jantung istirahat lebih dari 100 denyut per menit, menurut National Institutes of Health, dan umumnya disebabkan ketika sinyal-sinyal listrik di ruang atas jantung api abnormal. Jika denyut jantung lebih dekat dengan 150 dpm atau lebih tinggi, itu adalah kondisi yang dikenal sebagai takikardia supraventricular ( SVT ) . Pada SVT, sistem listrik jantung Anda yang mengontrol detak jantung, berarti dalam keadaan rusak. Ini umumnya membutuhkan perhatian medis.

Bradikardia adalah suatu kondisi dimana denyut jantung terlalu rendah, biasanya kurang dari 60 dpm. Hal ini dapat menjadi hasil dari masalah dengan node sinoatrial, yang bertindak sebagai alat pacu jantung, atau kerusakan pada jantung akibat serangan jantung atau penyakit kardiovaskular.

Baca juga : Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *