Jantung Berdebar-Debar Kencang

By | 11/01/2016

Jantung berdebar-debar kencang terkadang dialami oleh sebagian orang ketika sedang bersantai dan tidak melakukan aktifitas berat. Ini mungkin bukan kondisi yang bisa dianggap biasa saja, karena bahaya yang ditimbulkan dari keadaan ini selalu mengancam Anda.

Penjelasan Tentang Jantung Berdebar-Debar Kencang

jantung berdebar-debar kencangJantung berdebar-debar kencang adalah suatu kondisi dimana jantung Anda berdetak terlalu keras atau terlalu cepat. Anda mungkin merasakan jantung berdebar di dada, tapi mungkin saja debaran itu sampai ke tenggorokan atau leher. Jantung berdebar kencang biasanya bukan keadaan yang serius atau berbahaya, dan sering hilang dengan sendirinya. Kondisi ini terkait dengan stres dan kecemasan atau konsumsi stimulan seperti kafein, nikotin, atau alkohol. Jantung berdebar juga sering terjadi selama masa kehamilan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, jantung berdebar bisa menjadi tanda kondisi jantung yang lebih serius. Oleh karena itu, jika Anda memiliki jantung berdebar-debar, jangan menyepelekan keadaan tersebut. Segera lakukan pengobatan apabia Anda mengalami sesak napas, pusing, nyeri dada, atau pingsan. Jantung berdebar bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk gaya hidup yang tidak sehat atau bahkan keadaan jantung yang sedang terganggu. Berikut ini adalah penyebab jantung berdebar-debar kencang:

  • Emosi yang kuat seperti kecemasan, takut, stres dan panik.
  • Aktivitas fisik yang berat.
  • Kafein, nikotin, alkohol, atau obat-obatan terlarang seperti kokain dan amfetamin.
  • Kondisi medis, termasuk penyakit tiroid, tingkat gula darah rendah, anemia, tekanan darah rendah, demam, dan dehidrasi.
  • Perubahan hormon saat menstruasi, kehamilan, atau periode perimenopause. Jantung berdebar selama kehamilan adalah tanda-tanda anemia.
  • Obat, termasuk pil diet, dekongestan, inhaler asma, dan beberapa obat yang digunakan untuk mencegah aritmia (masalah irama jantung yang serius) atau mengobati tiroid yang kurang aktif.
  • Kadar elektrolit yang abnormal.

Sebagian orang mengalami jantung berdebar kencang setelah mereka makan makanan berat yang kaya karbohidrat, gula, atau lemak. Kadang-kadang, mengonsumsi makanan dengan kadar monosodium glutamat (MSG), nitrat, atau natrium dapat membawa mereka pada jantung berdebar-debar kencang. Jantung berdebar-debar kencang juga dapat berhubungan dengan penyakit jantung yang mendasarinya. Kondisi ini, lebih mungkin dipengaruhi oleh aritmia. Kondisi jantung yang terkait dengan jantung berdebar meliputi:

  • Serangan jantung yang pernah dialami sebelumnya.
  • Penyakit arteri koroner.
  • Masalah jantung lainnya seperti gagal jantung kongestif, masalah katup jantung, atau masalah otot jantung.

Kadang-kadang jantung berdebar dapat menjadi tanda dari masalah serius, seperti kelenjar tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) atau irama jantung yang abnormal (aritmia) . Aritmia mungkin termasuk denyut jantung yang sangat cepat (takikardia), detak jantung terlalu lambat (bradikardia) atau irama jantung yang tidak teratur.

Cara Mengatasi Jantung Berdebar-Debar Kencang

Walaupun pada sebagian kasus, jantung berdebar bisa hilang dengan sendirinya, namun tidak selamanya kondisi ini bisa hilang begitu saja. Pada kasus lain, jantung berdebar tidak bisa hilang dengan sendirinya dan memerlukan pengobatan. Untuk mengatasi jantung yang berdebar kencang, Anda perlu melakukan hal berikut:

  • Mengurangi kecemasan dan stres. Terapi mengurangi stres umumnya termasuk latihan relaksasi, yoga, tai chi, dan aromaterapi.
  • Menghindari makanan dan minuman tertentu. Ini mungkin termasuk alkohol, nikotin, kafein, dan obat-obatan terlarang.
  • Menghindari obat yang bertindak sebagai stimulan. Ini termasuk obat flu dan batuk, dan suplemen gizi tertentu.

Jika cara tersebut masih dirasa kurang efektif, kami masih punya solusi pengobatan jantung yang berdebar-debar. Kami akan menawarkan obat herbal serba guna yang dapat mengatasi berbagai penyakit, termasuk permasalah jantung seperti jantung berdebar-debar kencang. Untuk dapat melihat penjelasannya secara lengkap, silahkan klik disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *