Manfaat Aktifitas Fisik Untuk Kesehatan Jantung

By | 29/02/2016

Manfaat Aktifitas Fisik Untuk Kesehatan Jantung,- Aktivitas fisik adalah setiap bentuk gerakan yang menggunakan otot-otot Anda dan menggunakan lebih banyak energi daripada yang Anda gunakan ketika beristirahat. Berjalan, berlari, menari, berenang, yoga dan berkebun adalah contoh dari aktivitas fisik.

manfaat aktifitasi fisik untuk kesehatan jantungMenjadi aktif secara fisik, bersama dengan mengikuti diet sehat dan tidak merokok, adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga jantung dan paru-paru yang sehat. Namun, banyak orang yang tidak cukup aktif. Kabar baiknya adalah bahwa bahkan jumlah moderat aktivitas fisik yang baik untuk kesehatan Anda. Semakin aktif Anda, semakin Anda akan mendapatkan keuntungan.

Aktivitas fisik, terutama aktivitas aerobik, sangat baik untuk jantung Anda. Aktivitas fisik memperkuat jantung Anda dan mengurangi faktor risiko penyakit jantung koroner. Hal ini juga dapat membuat tekanan darah lebih rendah, meningkatkan dan mengelola kadar kolesterol dan lemak lainnya dalam darah, meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk mengelola kadar gula darah dan insulin, yang menurunkan risiko Anda untuk diabetes tipe 2, membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, dan menurunkan kadar C-reactive protein (CRP) di dalam tubuh Anda, dan mengurangi peradangan.

Tingginya kadar CRP dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Orang yang tidak aktif hampir dua kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung dibanding orang-orang yang aktif secara fisik. Pada orang dengan penyakit jantung, aktivitas aerobik secara teratur membantu jantung bekerja lebih baik. Hal ini juga dapat mengurangi risiko serangan jantung kedua pada orang yang sudah mengalami serangan jantung. Aktivitas aerobik yang kuat mungkin tidak aman bagi orang-orang dengan penyakit jantung. Bicarakan dengan dokter Anda tentang apa jenis kegiatan yang aman untuk Anda.

Rekomendasi Aktivitas Fisik

Pada tahun 2008, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS merilis pedoman aktivitas fisik baru. Untuk orang dewasa, pedoman menyarankan bahwa:

  • Beberapa aktivitas fisik lebih baik daripada tidak.
  • Untuk manfaat kesehatan utama, lakukan setidaknya 150 menit intensitas sedang aktivitas aerobik atau 75 menit intensitas kuat aktivitas aerobik setiap minggu. Setiap aktivitas harus berlangsung setidaknya 10 menit. Misalnya, berjalan (aktivitas fisik moderat) cepat lima hari seminggu selama minimal 30 menit setiap kali.
  • Aktivitas fisik lebih akan meningkatkan manfaat kesehatan Anda.
  • Kegiatan penguatan otot dalam intensitas sedang atau tinggi harus dilakukan dua hari atau lebih dalam seminggu. Kegiatan ini harus melibatkan semua kelompok otot utama, termasuk kaki, pinggul, punggung, dada, perut, bahu dan lengan. Contohnya termasuk angkat beban, sit-up dan push-up, yoga dan berkebun berat.

Jika Anda memiliki kondisi kronis (berlangsung), seperti penyakit jantung, penyakit paru-paru atau diabetes, berbicara dengan dokter Anda tentang apakah Anda dapat melakukan aktivitas fisik. Tanyakan kepada dokter Anda kegiatan yang aman untuk Anda.

Memulai dan Tetap Aktif

Aktivitas fisik adalah bagian penting dari gaya hidup jantung sehat. Untuk memulai dan tetap aktif, buatlah aktivitas bagian fisik dari rutinitas harian Anda, melacak kemajuan Anda, aktif dan aman.

  • Membuat aktivitas fisik bagian dari rutinitas keseharian Anda
  • Jadilah aktif dengan teman dan keluarga
  • Membuat aktivitas harian menjadi lebih aktif
  • Reward diri dengan waktu untuk aktivitas fisik
  • Pelihara Kemajuan Anda
  • Jadilah aktif dan Aman

Posted by : Obat Gagal Jantung

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *